Bank INA

INA Call 1500738

Internet Banking Bank INA

PT Bank Ina Perdana Tbk, didirikan pada tanggal 9 Februari 1990 dan mendapatkan ijin operasi sebagai Bank Umum berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan RI No. 524/KMK.013/1991 pada tanggal 3 Juni 1991. Pada awal tahun 2014 PT Bank Ina Perdana Tbk menjadi Perusahaan Terbuka setelah dilaksanakannya Penawaran Umum Saham Perdana (Initialy Public Offering) pada tanggal 16 Januari 2014, serta pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia dengan kode “BINA”, dan status bank menjadi Tbk. Tahun 2014 juga ditandai dengan adanya perubahan pemegang saham dimana pemegang saham lama PT Kharisma Prima Karya dan PT Aji Lebur Seketi telah melepaskan seluruh kepemilikannya, sehingga pemegang saham pengendali baru adalah PT Philadel Terra Lestari sesuai dengan persetujuan Otoritas Jasa Keuangan pada tanggal 16 September 2015. Tahun 2017 juga mencatatkan tonggak sejarah baru dimana PT Bank Ina Perdana Tbk setelah sukses melakukan Penawaran Umum Terbatas II (PUT II), modal inti Bank mencapai lebih dari Rp1 triliun sehingga memenuhi persyaratan permodalan sebagai BANK KATEGORI BUKU 2 sesuai persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tanggal 27 Maret 2017.

Dalam perjalanannya, PT Bank Ina Perdana Tbk mampu mempertahankan keberadaannya di bisnis perbankan nasional. Hal ini terbukti pada kinerja keuangan tahun 1997-1998, dimana PT Bank Ina Perdana Tbk mampu bertahan sebagai Bank yang sehat dengan kategori A dan tidak memerlukan rekapitalisasi Pemerintah. Dengan jumlah jaringan kantor saat itu adalah 14 kantor dan melayani ATM melalui kerja sama dengan penyedia ATM Bersama.

Dalam perjalanan usaha sebagai lembaga Intermediasi, hingga Desember 2019, PT Bank Ina Perdana Tbk telah memiliki jaringan 28 kantor yang tersebar di kota Jakarta, Tangerang, Bogor, Depok, Bekasi, Jogjakarta, Malang, Kembang Jepun, Bandung, Semarang, Solo, Surabaya, Ambon dan Bali. Serta PT Bank Ina Perdana Tbk memiliki beberapa titik payment point Indogrosir yang tersebar di beberapa daerah yaitu PP Kemayoran, Tangerang, Bekasi, Cipinang, Ciputat, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta dan Makassar.  Manajemen PT Bank Ina Perdana Tbk senantiasa melakukan upaya dalam menjaga eksistensi serta peningkatan kinerja Bank, dan dari tahun ke tahun PT Bank Ina Perdana Tbk telah memperoleh beberapa penghargaan (awards) dari berbagai pihak independen. Pada tahun 2019, PT Bank Ina Perdana Tbk kembali mendapatkan beberapa penghargaan yaitu sebagai The Big – 7 Indonesia GCG Emplementation – 2019 dengan kategori Public Bank Company – BUKU II (Asset < Rp. 10 T) yang diselenggarakan oleh Economic Review, Top Bank 2019 untuk kategori Top Bank 2019 BUKU II yang diselenggarakan oleh Top Bank 2019 dan penghargaan untuk kategori Bank BUKU II yang focus pada pembiayaan sector produktirf yang di selenggarakan oleh oleh Property & Bank. Penghargaan yang diterima tersebut merupakan bukti komitmen PT Bank Ina Perdana Tbk untuk terus berupaya meningkatkan pelayanan terbaik kepada nasabah dan semakin meningkatkan kinerja Bank.

Peningkatan kinerja dan mutu pelayananan terus ditingkatkan dari waktu ke waktu sebagai Bank yang sehat dan kuat dengan tata kelola perusahaan yang baik. PT Bank Ina Perdana Tbk akan terus membangun pertumbuhan bisnis yang berkualitas dan berkesinambungan di era layanan digital, perkembangan dunia digital yang pesat menjadi sarana bagi Perseroan untuk mampu hadir dimanapun berada melalui kanal elektronik yang senantiasa berkembang menyesuaikan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat yang semakin mobile dan makin dekat dengan layanan berbasis internet.

Untuk itu Perseroan memperkuat produk-produknya dengan dukungan e-channel yang komprehensif, dari mesin ATM yang terkoneksi jaringan ATM Bersama dan Prima, pemberian rekening koran lewat e-statement yang dikirim melalui email setiap bulannya kepada nasabah, retail internet banking, corporate internet banking, hingga mobile banking sehingga nasabah dapat melakukan berbagai transaksi keuangan dengan mudah, aman dan cepat. Selain itu PT Bank Ina Perdana Tbk juga memanjakan nasabahnya dengan program-program berhadiah pada saat pembukaan rekening, program Tabina Berseri, gratis tarik tunai di ATM Bank lain sampai pembagian cashback jika berbelanja dengan kartu ATM Bank Ina.

Berdasarkan laporan kinerja perseroan, hingga September 2019 PT Philadel Terra Lestari menguasai 9,64 % saham Bank Ina. Kemudian, PT Indolife Pensiontama memegang 22,47% saham. Asset PT Bank Ina Perdana Tbk naik sebesar 42,21 % atau naik sebesar Rp. 668 M, pada September 2019 sebesar Rp. 4,5 T disbanding Desember 2018 sebesar Rp. 3,8 T.

Pertumbuhan Dana Pihak Ketiga tumbuh sebesar 23,47 % naik sebesar Rp. 595 M di September 2019 atau sebesar Rp. 3,13 T, dibandingkan Desember 2018 sebesar Rp. 2,5 T. Disamping pertumbuhan DPK Kredit mengalami kenaikan sebesar Rp. 535 M atau naik 30,43 % di September 2019 sebesar Rp. 2,2 T dibandingkan Desember 2018 sebesar Rp. 1,7 T.